ADA KALTIM

Bupati Kukar Hadiri HUT 1 Tahun Mall Pelayanan Publik

Bupati Kukar Edi Damansyah saat menghadiri HUT ke-1 Mall Pelayanan Publik. (istimewa)

ADAKALTIM.COM – Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) 1 tahun Mall Pelayanan Publik (MPP) Kukar, Kamis (14/12/23) di Hall MPP Kompleks Perkantoran Bupati, Tenggarong.

Dalam satu tahun ini MPP telah memberikan pelayanan di 24 Instansi diantara nya 9 instansi vertikal, 6 perangkat daerah, 2 per-bankan, 6 BUMN, dan 1 BUMD dengan total Layanan 437 Layanan dan akan bergabung 7 instansi Perangkat Daerah.
MPP Kukar juga telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai TOP 10 MPP Prima se Indonesia dari 165 MPP se Indonesia.

Perlu diketahui bahwa jumlah pengguna pada layanan MPP hingga bulan November 2023 sebanyak 20.689, dimana pelayanan terbanyak adalah pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

Di MPP juga telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana termasuk pelaminan yang bisa digunakan masyarakat dan ini merupakan bantuan CSR dari perusahaan.

Selain itu pada HUT MPP juga diserahkan 1 unit kendaraan operasional kepada kantor imigrasi kelas 1 Samarinda dan 1 unit mobil operasional kepada kantor pelayanan pajak Pratama cabang Tenggarong.

Saat ini juga akan di akan dilakukan beberapa inovasi seperti anjungan cetak mandiri, smart arsip, pelongseng (Pelayanan Online dengan Sistem Elektronik Berbasis Jaringan) dan juga pelayanan drive thru atau lantatur (Layanan Tanpa Turun) yang akan lebih ditingkatkan pelayananya serta pelayanan perpanjangan SIM oleh Polres Kukar.

Dalam sambutannya, Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat atas HUT satu tahun MPP dan ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan jajaran yang telah mendukung program dan inovasi tersebut.

Menurutnya, Moments ini bukan hanya sekedar seremonial saja tetapi lebih kepada evaluasi pelayanan yang sudah berjalan agar bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau dikilas balik, sudah ada rencana dan kajian sejak tahun 2013-2014 untuk membentuk mall pelayanan publik tetapi Kurun waktu yang panjang belum bisa di wujudkan, Alhamdulillah tahun 2021 sudah bisa diwujudkan,” katanya.

Ia juga meminta untuk mengevaluasi semua kegiatan di MPP agar semua bisa berjalan dengan baik.

“Jangan takut dikritik jika menyangkut pelayanan publik dan itu bagian dari evaluasi untuk pelayanan dan Kalo ada kritikan anggap vitamin dan sikapi dengan baik,” ucapnya.

Bicara pelayanan publik juga tak jauh Dari Standard Operating Procedure (SOP) karena semua diarahkan melalui SOP dan dikerjakan sesuai dengan SOP yang ada.

“Saat ini SOP memang dilakukan tapi yang penting itu konsisten dengan apa yang harus dilakukan dan sesuai dengan SOP yang dibuat,” pinta Edi.

Menurut Edi SOP sangat mudah dilakukan karena sudah jelas standar pelayanan nya dan yang tinggal dilakukan adalah konsisten dengan apa yang dilakukan sehingga pelayanan bisa memuaskan dan terus lakukan evaluasi atas pelayanan tersebut.

Edi Juga berterima kasih karena sudah bisa merubah 2 hal penting dalam bekerja yaitu Pola pikir dan juga budaya Kerja sehingga terselenggaranya pelayanan berkualitas.

Diakhir Ia juga meminta kepada para perusahaan jika membutuhkan SDM untuk pelayanan di MPP Pemkab Kukar siap menyediakan karena SDM di Pemkab berlebih dan siap untuk diperbantukan dilayanan tersebut. (ko)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *