ADA KALTIM

Transformasi Jam Bentong: Dari Pusat Informasi ke Museum Digital dan Jembatan Sejarah di Kukar

Kawasan Wisata Jam Bentong Taman Kota Raja Tenggarong (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam langkah inovatif yang menggabungkan teknologi dan sejarah, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengumumkan rencana ambisius untuk mengubah Jam Bentong menjadi Museum Digital.

Terletak di jantung Taman Kota Taja (TKR), Jam Bentong tidak hanya akan menjadi pusat informasi tetapi juga destinasi wisata yang menawarkan pengalaman digital interaktif kepada pengunjung.

“Jam Bentong itu rencananya selain menjadi tempat informasi, nantinya akan menjadi tempat wisata, sesuai dengan perencanaannya nanti akan dijadikan Museum Digital.” Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, mengungkapkan pada Rabu (8/5/2024)

Selain itu, Triyatma juga membagikan visi untuk memanfaatkan ruangan di bawah jembatan sebagai Museum Jembatan, yang akan menyediakan konteks historis tentang peristiwa penting seperti runtuhnya jembatan di masa lalu.

“Di bawah Jembatan kan ada ruangan, itu rencananya juga menjadi Museum Jembatan, jadi ada informasi tentang peristiwa jembatan runtuh dahulu,” jelasnya.

Dengan rencana pengembangan ini, diharapkan Jam Bentong akan menarik lebih banyak pengunjung ke Kukar, meningkatkan daya tarik daerah sebagai destinasi wisata baru yang kaya akan edukasi dan interaktivitas digital. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *