ADA KALTIM

Sinergi Komunal untuk Kemajuan Wisata Alam Kutai Kartanegara

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dinamika pembangunan pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan tren positif yang signifikan, sejalan dengan inisiatif Pemerintah Kabupaten yang giat melalui Dinas Pariwisata (Dispar) dalam mengoptimalkan potensi wisata, khususnya kekayaan wisata alam.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sugiarto, mengungkapkan optimisme terhadap sektor pariwisata yang kini menjadi primadona di era modern.

“Pariwisata memiliki kekuatan untuk memperkenalkan keunikan lokal dan secara simultan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sugiarto, Senin (6/5/2024).

Dengan keberagaman potensi wisata alam yang dimiliki, Kukar berpotensi besar untuk mengukir nama di peta pariwisata nasional.

“Kami sedang berupaya menghimpun data yang ada untuk merancang pengembangan yang strategis, yang akan disinkronkan dengan anggaran dan kebutuhan riil masyarakat,” tambahnya.

Sugiarto menekankan bahwa keterlibatan dan dukungan masyarakat lokal merupakan kunci utama dalam pengembangan wisata alam.

“Pengembangan harus bersifat inklusif, berakar dari keinginan dan partisipasi masyarakat, bukan sekadar instruksi top-down,” tegasnya.

Dispar Kukar berkomitmen untuk memastikan bahwa potensi wisata alam dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, dengan mengedepankan kebutuhan mereka dan berkolaborasi erat dengan pemimpin daerah.

“Kami bertekad untuk terus membangun pariwisata Kukar dengan melibatkan masyarakat secara aktif, demi menciptakan fondasi yang kokoh untuk pariwisata yang berkelanjutan dan lebih berdaya saing di masa depan,” pungkasnya. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *