ADA KALTIM

Potensi Wisata Baru di Sangasanga: Telaga Biru Sarijaya, Harapan Baru Perekonomian Lokal

Ekowisata Telaga Biru, Kelurahan Sarijaya Sangasanga (ist).

KUTAI KARTANEGARA – Pesona alam Ekowisata Telaga Biru di Kelurahan Sarijaya, Kecamatan Sangasanga, Kutai Kartanegara, berpotensi menjadi magnet baru bagi wisatawan.

Terletak di bekas lahan tambang, Telaga Biru menawarkan keindahan yang siap dikelola menjadi sumber pendapatan asli Kelurahan Sarijaya.

Meski pembukaan Ekowisata Telaga Biru masih tertunda akibat kendala pengelolaan dan status lahan, Lurah Sarijaya, Agus Dina Fitriana, optimis akan mengelola lokasi ini secara bertahap.

“Kami berharap wisata ini akan menjadi unggulan di Kelurahan Sarijaya dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ujar Agus, Rabu (8/5/2024).

Selain Telaga Biru, jembatan pelangi yang telah menjadi favorit masyarakat setempat juga menambah daftar atraksi wisata di daerah ini.

Di sisi lain, Ridha Fatrianta, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, menegaskan dukungan penuh meskipun terdapat kendala status lahan.

“Kami telah melakukan diskusi di lapangan dan mendorong kelompok sadar wisata atau pemerintah setempat untuk berkomunikasi dengan pemilik lahan,” tutur Ridha.

“Kami dari Dispar Kukar siap membantu, asalkan segala sesuatunya sudah clear, termasuk kepemilikan lahan dan aktivitas yang mereka lakukan,” tambahnya.

Dengan komunikasi yang efektif dan kerjasama yang solid, Ekowisata Telaga Biru diharapkan dapat segera menyambut wisatawan dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi Kelurahan Sarijaya. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *