ADA KALTIM

Planetarium Jagad Raya Tenggarong: Destinasi Edukasi Astronomi Menarik Ribuan Pengunjung

Planetarium Jagat Raya Tenggarong (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Menjadi magnet bagi ribuan mata yang ingin menyelami keindahan kosmos, Planetarium Jagad Raya Tenggarong telah berhasil menarik perhatian belasan ribu wisatawan sejak pembukaannya kembali pada awal tahun ini.

Terletak strategis di Jalan Pangeran Diponegoro, planetarium ini tidak hanya menjadi destinasi edukasi dan rekreasi yang populer di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga telah memberikan kontribusi signifikan dalam edukasi astronomi.

Dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 WITA, planetarium ini menawarkan berbagai pertunjukan dan kegiatan yang memperkenalkan pengunjung pada keajaiban alam semesta.

“Alhamdulillah, hingga saat ini sudah ada sekitar 17.442 wisatawan yang berkunjung dari Januari hingga April 2024,” ungkap Evi, Staf Informasi Planetarium, Selasa (4/6/2024)

“Perkiraan kami benar bahwa jumlah pengunjung meningkat mencapai 20 ribu sampai bulan Mei,” tambahnya.

Dengan berbagai wahana seperti penayangan film tentang tata surya dan teropong bintang untuk pengamatan langsung, planetarium ini tidak hanya menarik pengunjung dari Tenggarong tetapi juga dari Bontang, Penajam Paser Utara, dan daerah lainnya.

“Kami juga memiliki momen tertentu untuk menggunakan teropong bintang, seperti saat terjadi gerhana matahari atau bulan baru,” jelas Evi.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong berharap untuk terus menarik lebih banyak pengunjung, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya di sektor pariwisata.

Dengan kapasitas maksimal 85 kursi per sesi dan kebutuhan minimal 30 orang pengunjung untuk memulai penayangan, planetarium ini siap menyambut lebih banyak penjelajah angkasa yang ingin memperluas cakrawala mereka. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *