ADA KALTIM

Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Kukar: Dispar Giatkan Pelatihan Pokdarwis

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam rangka memajukan potensi wisata di Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar berinisiatif mengadakan serangkaian pelatihan dan sosialisasi untuk pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kolaborasi antarpihak, khususnya desa-desa di Kukar dengan keunikan tersendiri, menjadi kunci.

Festival desa, sebagai media promosi kebudayaan lokal, diharapkan tidak hanya memperkokoh identitas budaya namun juga menarik wisatawan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap membantu peningkatan SDM, dengan arahan kepada masyarakat untuk membentuk Pokdarwis. Melalui pelatihan, kita upayakan untuk meningkatkan keahlian dalam mengelola potensi wisata, baik kuliner maupun alam.” tegas Antoni Kusbiantoro, Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Selasa (4/6/2024).

Pelatihan ini dianggap penting mengingat banyaknya potensi wisata desa yang belum tergarap maksimal. Dengan peningkatan kualitas SDM, diharapkan wisata yang dikelola dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal.

“Untuk itu, Pokdarwis memerlukan dukungan dan peningkatan SDM, serta bantuan alat-alat yang diperlukan,” tambah Antoni.

Dengan pembentukan Pokdarwis dan pelatihan yang efektif, diharapkan masyarakat dapat mengelola wisata dengan baik, meningkatkan kunjungan, dan memajukan ekonomi lokal. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *