ADA KALTIM

Optimisme Dispar Kukar: Peningkatan BPU Baru Dorong Kenaikan Kunjungan Wisata

Kabid Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Geliat ekonomi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tampak semakin menggelora pasca-pandemi, khususnya di sektor pariwisata.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar menyambut baik peningkatan jumlah Badan Pengelola Usaha Baru (BPU) yang bergerak di bidang pariwisata, yang tidak hanya berbasis pemberdayaan masyarakat tetapi juga melibatkan partisipasi swasta.

Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro, mengungkapkan keyakinannya bahwa ini merupakan peluang emas untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Potensi industri pariwisata di Kukar semakin berkembang, terutama dengan munculnya BPU baru yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan swasta. Ini terbukti dengan meningkatnya BPU baru yang tumbuh dan berkembang pasca pandemi,” tutur Antoni belum lama ini Jumat (3/5/2024)

Dalam upaya mengoptimalkan potensi yang ada, Dispar Kukar berencana mengadakan kembali serangkaian pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya bagi para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Antoni optimis, dengan pengolahan dan pembinaan yang tepat terhadap BPU baru, akan secara otomatis meningkatkan kunjungan dan memacu roda perekonomian di Kukar.

“Contohnya, Bukit Mahoni, salah satu BPU baru. Jika dikelola dengan baik, ini dapat meningkatkan kunjungan ke Kukar. Kami berharap kehadiran mereka dapat membantu memajukan perekonomian Kukar,” pungkasnya dengan penuh harapan. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *