ADA KALTIM

Optimisasi SDM Pariwisata, Dispar Kukar Luncurkan Pelatihan Pramuwisata untuk Pokdarwis

Suasana Forum Pelatihan Pramuwisata yang diadakan Dispar Kukar (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menginisiasi serangkaian pelatihan pramuwisata yang ditujukan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tersebar di 20 kecamatan di wilayah Kukar.

Acara pelatihan ini berlangsung selama dua hari penuh di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Minggu, 12 Mei 2024.

Plt Kepala Dinas Dispar Kukar, Sugiarto, menyatakan bahwa pembukaan pelatihan malam ini merupakan langkah konkret sesuai dengan arahan Bupati Kukar.

“Kami bertekad untuk memajukan pariwisata di Kukar melalui peningkatan kompetensi SDM. Dengan demikian, setiap wilayah di Kukar dapat mengembangkan potensi wisatanya secara maksimal,” ungkap Sugiarto, Minggu (12/5/2024).

Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan pengetahuan mendalam tentang destinasi wisata, keterampilan komunikasi yang efektif, etika profesional, dan tanggung jawab sebagai pemandu.

Aspek keselamatan dan keamanan juga menjadi prioritas utama dalam kurikulum pelatihan.

“Pemandu wisata yang terlatih dengan baik akan menjadi kunci dalam memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan,” tambah Sugiarto.

Lebih lanjut, pelatihan ini juga menekankan pentingnya pengelolaan kelompok, kesiapsiagaan dalam situasi darurat, dan pemahaman yang kuat tentang keberlanjutan lingkungan.

Para pemandu wisata diharapkan dapat menjadi perwakilan yang membanggakan dari destinasi mereka, mempromosikan nilai-nilai budaya lokal, dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

“Kami percaya bahwa pelatihan berkelanjutan adalah kunci untuk tetap relevan di industri pariwisata yang dinamis ini. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan pemandu wisata kami agar selaras dengan tren pasar dan ekspektasi pengunjung,” pungkas Sugiarto. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *