ADA KALTIM

Kukar Bersiap Gelar Ajang Budaya: Lomba Miskat, Tari Jepen, dan Kuliner Siap Meriahkan Juli 2024

Suasana Rakor Jelang Lomba Budaya, Dispar Kukar bersama Stakeholders (ist).

KUTAI KARTANEGARA – Dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya lokal, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) telah mengadakan rapat koordinasi untuk persiapan lomba Miskat, Tari Jepen, dan Kuliner yang akan diselenggarakan pada Juli 2024 di Tenggarong.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar, Triyatma, Senin (6/5/24), ini melibatkan berbagai OPD, BUMD, BUMN, serta kecamatan.

Triyatma menekankan pentingnya lomba ini dalam memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Kukar, termasuk fashion dan kesenian tari jepen.

“Lomba ini bukan hanya agenda tahunan kami, tetapi juga sebuah upaya untuk memperkenalkan kebudayaan Kukar kepada dunia,” ujar Triyatma.

Dalam rapat tersebut, dibahas pula kriteria dan kategori lomba, serta evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Kami ingin memastikan bahwa juri yang terlibat netral dan tidak terafiliasi dengan sanggar tari manapun,” ungkapnya.

Lomba Miskat akan menampilkan wastra Kukar seperti motif batik melayu kutai, motif gangsing, ulap doyo, dan sulam tampar, sementara lomba tari Jepen bertujuan untuk melestarikan budaya tari tradisional.

“Kami berharap, dengan seringnya mengadakan event seperti ini, akan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kukar,” tutupnya. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *