ADA KALTIM

Inisiatif Dispar Kukar: Pembentukan Pokdarwis Kabupaten untuk Pemberdayaan Pariwisata Berkelanjutan

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam langkah strategis untuk memajukan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengumumkan rencana pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat kabupaten.

Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat peran masyarakat dalam pelestarian lingkungan, budaya, dan warisan lokal.

Sugiarto, Plt Kepala Dispar Kukar, menekankan pentingnya Pokdarwis sebagai agen perubahan yang akan mendidik masyarakat lokal dan mengelola destinasi wisata dengan prinsip berkelanjutan.

“Kami berharap pembentukan Pokdarwis kabupaten dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif antara pemerintah daerah, Pokdarwis kecamatan, dan masyarakat,” ujar Sugiarto, Rabu (15/5/2024)

Menurut Sugiarto, kolaborasi antara Pokdarwis dan pemerintah daerah akan memungkinkan identifikasi potensi wisata yang lebih baik, pengembangan produk wisata yang inovatif, dan promosi destinasi yang efektif.

“Ini adalah langkah maju untuk pembangunan pariwisata yang terarah dan memberikan manfaat bagi semua pihak,” tambahnya.

Instruksi dari Bupati Kukar, Edi Damansyah, agar Dispar Kukar menampung aspirasi kelompok sadar wisata, menjadi dasar bagi rencana ini.

“Kami berupaya untuk membentuk Pokdarwis kabupaten pada tahun 2024, sesuai dengan keinginan mereka,” tutup Sugiarto. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *