ADA KALTIM

Festival Kampong Seraong: Pesta Budaya Desa Jembayan Tengah Dengan Dukungan Penuh Dispar Kukar

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam semarak perayaan Hari Ulang Tahun ke-18 Desa Jembayan Tengah, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengumumkan dukungan resminya terhadap Festival Kampong Seraong.

Acara yang akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2024 ini, diharapkan menjadi magnet bagi pengunjung dan sarana promosi budaya serta potensi lokal.

Festival tahunan ini tidak hanya sekedar perayaan, melainkan juga ajang pengenalan kekayaan budaya kepada masyarakat luas.

Dengan agenda yang mencakup pertunjukan seni, pameran produk lokal, lomba tradisional, hingga sajian kuliner khas, festival ini bertujuan mengokohkan kebersamaan dan kekayaan budaya Desa Jembayan Tengah.

“Kami akan memberikan dukungan penuh untuk Festival Kampong Seraong, yang akan dibuka dengan acara adat Tempong Tawar pada 5 Juni, diikuti dengan pembukaan festival pada 6 Juni 2024,” ujar Antoni, Selasa (28/5/24)

Rangkaian festival akan dihiasi dengan pentas kesenian, pawai, perlombaan, bazar, Zumba, doorprize, dan pertunjukan Seni Adat Seraung serta Topeng Pantul. Tak hanya itu, akan ada workshop seraong, lomba gasing, dan lomba azan untuk anak-anak.

“Kami sedang mempersiapkan perlengkapan, panggung, dan pertunjukan kesenian sebagai bentuk dukungan kami. Ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan untuk menunjukkan perhatian kami terhadap kebudayaan,” tambah Antoni.

Dispar Kukar juga aktif dalam memfasilitasi festival budaya di berbagai daerah lain di Kukar, termasuk Festival Mencaq Undat di Kecamatan Tabang dan festival di Dusun Putak Desa Loa Duri Ilir.

“Kami berharap dapat mengadakan lebih banyak festival serupa, khususnya di kecamatan dengan basis budaya yang kuat, sebagai upaya pelestarian budaya lokal dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tutup Antoni. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *