ADA KALTIM

Festival Islami Kukar: Pesta Keberagaman dan Keagamaan untuk Masyarakat

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto (ist)

KUTAI KARTANEGARA– Dalam rangka memperkaya wawasan keagamaan dan mempromosikan pariwisata berbasis kebudayaan, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Festival Islami.

Acara ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Mei 2024 di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, mengungkapkan bahwa festival ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa wisata tidak hanya bersifat umum, tetapi juga dapat terintegrasi dengan agama dan kesenian budaya,” ujar Sugiarto, Rabu (15/5/24).

Festival ini juga diisi dengan berbagai lomba yang terbuka untuk umum, seperti Lomba Mewarnai, Lomba Habsyi, Lomba Adzan, dan Lomba Fashion Show Muslim dan Muslimah.

“Semua lomba ini gratis, tanpa biaya pendaftaran,” tambah Sugiarto.

Selain lomba, ada juga Bazaar UMKM dan Hiburan Rakyat. Festival ini juga dimeriahkan oleh Habib Alwi Assegaf (Raden Kian Santang), Haddad Alwi feat Senandung, dan Yoga PNS, Juara 1 Comedy Academy.

“Kami memulai di Kecamatan Tenggarong, dan jika berhasil, kami berencana untuk mengadakannya di kecamatan lain,” jelas Sugiarto.

Diharapkan, festival ini dapat mendorong pertumbuhan dan penguatan nilai keagamaan di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, sebagai bagian penting dari kemajuan pariwisata di Kukar. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *