ADA KALTIM

Dispar Kukar Tingkatkan Standar Pemandu Wisata dengan Sertifikasi Nasional

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta. (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam langkah strategis untuk meningkatkan standar layanan pariwisata, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) menggagas program sertifikasi bagi pemandu wisata.

Program ini dirancang untuk memastikan bahwa pemandu wisata di wilayah tersebut memiliki keahlian yang terstandarisasi dan mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, menekankan pentingnya program ini, “Proses pendataan sedang dilakukan untuk mengetahui pemandu wisata dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mana yang memenuhi syarat untuk mengikuti sertifikasi dari Badan Sertifikasi Nasional,” ujar Ridha pada hari Jumat (3/5/2024).

Ridha menjelaskan bahwa inisiatif ini bukanlah yang pertama, mengingat tahun sebelumnya telah diadakan pelatihan serupa.

“Tahun ini, kami akan melangkah lebih jauh dengan memberikan sertifikasi kepada mereka yang telah kami latih,” tambahnya, menandaskan bahwa proses sertifikasi akan melibatkan ujian komprehensif.

Dengan 56 Pokdarwis yang terdaftar, Dispar Kukar berkomitmen untuk memberikan pendampingan intensif, meskipun tidak semua kelompok aktif berpartisipasi.

“Kami akan memberikan pendampingan bagi Pokdarwis yang terlibat dalam program sertifikasi,” lanjut Ridha.

Komitmen ini mencerminkan visi Dispar Kukar untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Dengan harapan, peningkatan kualitas layanan ini akan memperkaya pengalaman wisatawan dan mendukung pertumbuhan pariwisata di Kutai Kartanegara. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *