ADA KALTIM

Desa Pela Raih Pengakuan Nasional: Terpilih dalam Nominasi Kalpataru, Dispar Kukar Berikan Apresiasi

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Sebuah penghargaan prestisius telah menghampiri Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, yang kini berada di antara 20 besar nominasi Kalpataru, sebuah pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup atas dedikasi mereka dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Penghargaan ini bukan hanya sekadar simbol, melainkan sebuah dorongan bagi masyarakat Desa Pela dan wilayah lain di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk terus berupaya menjaga lingkungan dan mempromosikan wisata yang ramah lingkungan.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar sendiri telah menyatakan apresiasi mereka, menandakan dukungan pemerintah daerah terhadap inisiatif lokal yang memainkan peran penting dalam pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat.

“Pokdarwis Desa Pela ini sangat luar biasa sekali. Karena menjadi salah satu desa perwakilan Kaltim untuk nominasi,” ungkap Plt Kadispar Kukar, Sugiarto, Rabu (15/5/2024).

Sugiarto berharap keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mengembangkan potensi pariwisata mereka dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Langkah-langkah seperti ini dianggap krusial dalam menciptakan destinasi wisata yang tidak hanya menarik dan edukatif, tapi juga berkelanjutan, yang berkontribusi pada pelestarian warisan alam untuk generasi yang akan datang.

“Kami dispar mencoba untuk memfasilitasi bagaimana perjalanan Pokdarwis Pela ini tetap eksis dan jangan hanya sebatas di depan saja tanpa perhatian kelanjutannya,” pungkas Sugiarto. (ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *