ADA KALTIM

Desa Kertabuana Tiru Penglipuran Bali, Bangun Taman Budaya untuk Daya Tarik Wisata

Kepada Desa Kertabuana, I Dewa Ketut Basuki. (ist)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam upaya menggaet kunjungan wisatawan, Desa Kertabuana di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, berinisiatif untuk membangun taman wisata. Inspirasi datang dari Desa Penglipuran di Bali, yang dikenal dengan pengelolaan pariwisata lokalnya yang sukses.

I Dewa Ketut Basuki, Kepala Desa Kerta Buana, mengungkapkan ambisi desanya untuk mengadopsi model serupa guna melestarikan kebudayaan lokal.

“Kami terinspirasi oleh kesuksesan Desa Penglipura di Bali dalam mengembangkan pariwisata lokal. Kami memiliki keinginan yang kuat untuk mengikuti jejak mereka,” ucap Ketut pada Kamis (3/5/2024).

Ketut menekankan bahwa pemberdayaan komunitas adalah kunci untuk mewujudkan visi ini. Desa Kerta Buana berkomitmen untuk melakukan pendekatan intensif dan menyeluruh terhadap warganya, dengan harapan mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Pendekatan Ketua RT dengan masyarakat telah mendapatkan respon yang baik. Kami percaya bahwa melalui kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh warga, kita dapat mencapai impian bersama ini,” tambah Ketut.

Sebagai langkah awal, pemerintah desa akan memulai dengan pembangunan taman seluas 300 meter persegi yang akan dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan menjadi pusat kegiatan seni dan budaya.

“Rencananya, wilayah ini akan dijadikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya, sebagaimana telah berhasil diimplementasikan di Desa Penglipura,” pungkas Ketut.(ADV)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *