ADA KALTIM

Tenggarong Memukau dengan Pekan Seni Fisipol Unikarta, Disdikbud Berikan Apresiasi

Foto: Pekan seni Fisipol Unikarta yang digelar di Taman Titik Nol Tenggarong. (Ist)

Tenggarong – Sebuah pengakuan prestisius diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) kepada Pekan Kolaborasi Seni Musik Kontemporer yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta).

Dalam rangkaian perayaan Dies Natalis ke-40 Unikarta, acara ini berhasil diselenggarakan dengan gemilang di Taman Titik Nol Tenggarong pada Sabtu (25/5/2024) malam.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor, melalui Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kebudayaan, Agus Syarifudin, menyatakan rasa terima kasihnya atas inisiatif yang ditunjukkan oleh BEM Fisipol Unikarta.

“Saya mewakili seluruh jajaran Disdikbud Kukar mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari teman-teman mahasiswa BEM Fisipol Unikarta yang telah mengadakan kegiatan yang luar biasa ini,” ujar Agus.

Menurut Agus, kegiatan ini merupakan langkah penting dalam memberikan ruang ekspresi bagi komunitas seni di Tenggarong, terutama dalam bidang musik dan tari.

Taman Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, lokasi acara, mendapat pujian khusus karena telah menjadi promotor kawasan budaya baru di Tenggarong.

“Taman Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura adalah salah satu ikon baru Tenggarong, dan ini sudah kami rekomendasikan kepada Bupati Kukar sebagai kawasan budaya,” tambah Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menekankan pentingnya pelestarian budaya lokal. “Kebudayaan di Kukar ini harus kita lestarikan bersama agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman, terutama karena kita berada di wilayah IKN saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ummi Fathimah Azzahra mengungkapkan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk memberikan platform bagi talenta muda Kutai Kartanegara.

“Kegiatan ini sengaja kami adakan di luar kampus agar masyarakat juga bisa terlibat dan mengetahui keberadaan Unikarta sebagai kampus di Tenggarong,” kata Ummi.

Acara ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Disdikbud Kukar, Dispora Kukar, Dinas Pariwisata Kukar, dan brand lokal bwk.store.

Penampilan tari dari mahasiswa Fisipol Unikarta dan Siktra Smakensa SMKN 1 Tenggarong, serta band Sensi Million yang diundang sebagai bintang tamu, turut menambah kemeriahan acara. (ko)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *