ADA KALTIM

Bazar Lorong Prokema Faperta Unikarta Kembali Digelar, Tampilkan Kreativitas Mahasiswa

Foto bersama usai pembukaan bazar lorong program kreativitas mahasiswa Faperta Unikarta, Senin (18/12/2023). (istimewa)

ADAKALTIM.COM – Bazar lorong pada Program Kreativitas Mahasiswa (Prokema) kembali digelar oleh Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) di lapangan parkir Unikarta pada Senin-Jumat, 18-22 Desember 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Jiwa Enterpreneur Bagi Milenial, Kreatif, dan Mandiri Dalam Berkarya Menyongsong IKN” tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unikarta, Ince Raden. Serta dihadiri oleh Dekan Faperta Unikarta, Sundari, jajaran staf dan puluhan mahasiswa Faperta Unikarta.

Bazar lorong tersebut menghadirkan hasil olahan dari masing-masing mahasiswa. Mulai dari makanan khas Kutai hingga kerajinan tangan yang terbuat dari bahan anyaman. Program rutin yang digelar setiap tahun tersebut, bertujuan untuk mengasah bakat kewirausahaan para mahasiswa.

Rektor Unikarta, Ince Raden mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan Prokema 2023. Program tersebut, kata dia, sejalan dengan visi Unikarta yaitu membangun karakter mahasiswa melalui kewirausahaan.

“Hari ini merupakan wujud dari membangun jiwa enterpreneur kepada semua mahasiswa. Khususnya yang ada di Fakultas Pertanian,” kata Ince Raden, Senin (18/12/2023).

Kegiatan tersebut tentu menjadi nilai lebih bagi Faperta Unikarta. Karena mampu membina dan mendidik para mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Ince Raden pun berharap, kegiatan serupa dapat ditularkan kepada fakultas lain di Unikarta.

“Kami fikir nanti tidak hanya di Fakultas Pertanian, juga bisa dilakukan di fakultas-fakultas yang lain. Kita lakukan (nanti) secara rutin universitas yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat terus dilakukan, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan kemampuan dan keahlian mahasiswa Unikarta.

Sementara itu, Dekan Faperta Unikarta, Sundari menjelaskan, bazar lorong tersebut juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, fashion show ecoprint, pelatihan public speaking, hingga kuliah umum dengan menghadirkan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Kukar.

Ia menyebut, antusias mahasiswa sangat luar biasa dengan digelarnya kegiatan tersebut. Mahasiswa diajak untuk menampilkan berbagai olahannya, untuk disajikan kepada para warga kampus.

“Tentunya kegiatan Prokema ini mahasiswa Faperta Unikarta (akan menampilkan) apa saja yang merupakan hasil karya mereka masing-masing sesuai dengan fashion mereka,” ungkap Sundari.

Sundari berharap, ke depan kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih meriah. “Harapannya ke depan bisa dievaluasi dan bisa menjadi contoh untuk acara atau kegiatan berikutnya,” pungkasnya. (ko)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *